NUTRISI

Inilah Pola Makan Sehat Saat Kehamilan

Inilah Pola Makan Sehat Saat Kehamilan
Mana Yang Boleh, Mana Yang Tidak?

 
Begitu dinyatakan hamil, Mamy pasti langsung bertekat menjaga calon bayi agar tumbuh sehat kan? Salah satu cara paling sederhana adalah menerapkan pola makan sehat dan memilih jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Sebab beberapa jenis makanan dan pola makan dapat mempengaruhi perkembangan bayi. Mamy bisa intip panduan berikut untuk memulainya.
Lakukan ini:
  1. Cukupi kebutuhan kalori yang diperlukan ibu hamil.
Pada trisemester kedua dan ketiga, Mamy perlu menambah asupan kalori sebanyak 300 kalori. Setara dengan segelas susu rendah lemak, selembar roti, dan sebutir apel.
  1. Konsumi makanan yang kaya kandungan gizi
Lima kandungan gizi yang diperlukan ibu hamil adalah asam folat, kalsium, zat besi, zinc, protein serta vitamin C dan D.
  1. Cukupi asupan serat
Karena serat yang terkandung daam buah, sayur, dan gandum  utuh membantu mencegah konstipasi yang kerap dialami ibu hamil dan bisa menyebabkan terjadinya ambeien. Makanan kaya serat juga membuat Mamy kenyang lebih lama.
  1. Konsumsi berbagai variasi makanan.
Bukan cuma untuk mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan bayi, tapi juga untuk mengenalkan berbagai rasa pada bayi Mamy melalui air ketuban
  1. Konsumsi cukup cairan
Cairan sangat penting untuk mengurangi konstipasi dan menambah volume darah yang bertugas membawa oksigen dan zat gizi bagi Mamy dan bayi. Bila kekurangan cairan, banyak fungsi tubuh yang tak berjalan sebagaimana mestinya, miselnya respirasi sel, pencernaan, dan penyerapan zat gizi. Selain air putih, Mamy juga bisa mengkonsumsi susu, dan jus buah.
  1. Hindari pencemaran dari pestisida pada sayur dan buah.
Banyak jenis sayur dan buah-buahan yang baik untuk ibu hamil. Namun Mamy harus ingat, sistem imun tubuh bayi yang sedang berkembang lebih sensitif dibanding orang dewasa. Cemaran pestisida berisiko pada gangguan imun tubuh bayi kelak, persalinan dini, dan kemungkinan cacat lahir. Sebisa mungkin pilih produk organik dan mencuci bersih sayur dan buah sebelum dimakan.
 
Jangan lakukan ini
  1. Makan berlebihan
Pertambahan berat yang berlebihan terbukti berkaitan dengan persalinan yang panjang, hipertensi dan preeklampsia, persalinan dini, persalinan lewat operasi caesar, dan diabetes yang disebabkan oleh kehamilan. Untuk panduan pertambahan berat yang ideal, Mamy bisa baca di artikel Pertambahan Berat Badan.
  1. Konsumsi terlalu banyak karbohidrat dan gula.
Tingginya kadar gula darah akibat konsumsi karbohidrat dan makanan manisbisa menyebabkan bayi Mamy lahir dengan berat badan berlebih dan berisiko mengalami obesitas saat mereka dewasa. Batasi asupan nasi putih, white bread, soda, biskuit, cake, juga es krim. Ganti dengan sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, dan roti dari gandum utuh. Batasi makanan manis satu porsi saja sehari. Mamy bisa pelajari panduan makanan untuk ibu hamil untuk mendapatkan hasil terbaik.
 
  1. Membiarkan perut kosongselama 2-3 jam.

Menyantap makanan dalam porsi kecil secara teratur akan menjaga kadar gula darah tetap stabil hingga Mamy tak merasa kelelahan atau pusing, juga memberi suplai nutrisi secara teratur bagi bayi. Selain itu, makan dengan porsi kecil secara berkala juga menghindarkan Mamy dari gangguan heartburn.

 
  1. Mencoba diet yang tak jelas.
Sekarang bukan waktunya untuk mencoba berbagai macam diet yang belum jelas keamannya. Mamy harus ingat bahwa bayi sangat terpengaruh oleh kecukupan gizi sang ibu. Jadi tinggalkan dulu bermacam-macam diet, lebih baik Mamy terapkan pola makan sehat dan seimbang.
 
  1. Konsumsi makanan yang bisa menyebabkan infeksi bakteri.
Beberapa jenis makanan memang sebaiknya dihindari saat Mamy hamil untuk  melindungi Mamy dan bayi dari bakteri berbahaya seperti E. coli, Salmonella dan Listeria. Mamy bisa melihat daftar lengkapnya di artikel Makanan Yang Harus Dihindari Saat Hamil.
  1. Tidak mengkonsumsi vitamin kehamilan
Vitamin dan suplemen yang diberikan dokter Mamy berfungsi untuk mensuplai zat gizi yang Mamy dan bayi perlukan, karena sering kali kebutuhan zat gizi tak bisa dipenuhi dari konsumsi makanan saja. Cari tahu apa saja zat gizi yang diperlukan di artikel Kebutuhan Zat Gizi Saat Hamil.
 
Sourcesh
http://www.today.com
http://www.fitpregnancy.com
Share This Article:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!