NUTRISI

Hati-hati! Jenis Makanan Ini Dilarang Dikonsumsi Saat Hamil Muda

Hati-hati! Jenis Makanan Ini Dilarang Dikonsumsi Saat Hamil Muda

Saat mengandung si buah hati, Mamy akan menjadi pribadi yang lebih bijaksana dari sebelumnya. Terutama dalam memilih asupan makanan. Mamy menyadari bahwa ada batasan-batasan dalam mengkonsumsi makanan, mengingat sekarang Mamy memiliki nyawa lain di dalam kandungan. Makanan yang masuk ke dalam tubuh merupakan sumber gizi bagi Mamy dan si buah hati. Jika Mamy salah memilih makanan, nutrisi janin tidak akan terpenuhi, dan yang paling membahayakan adalah perkembangan janin tidak berjalan dengan sempurna.

Mamy pastinya tidak ingin hal tersebut terjadi kan? Untuk menjaga kehamilan, Mamy harus banyak mencari informasi mengenai makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Ada banyak sekali pantangan untuk ibu hamil, terlebih saat usia kandungan masih sangat muda. Bahkan buah nanas saja masuk ke dalam daftar makanan yang berbahaya untuk ibu hamil. Mengapa nanas dapat membahayakan untuk Mamy? Karena nanas mengandung enzim bromelanin yang dapat meningkatkan suhu rahim. Jika suhu dalam rahim meningkat, maka akan terjadi kontraksi yang berujung keguguran pada kandungan.

Bagaimana dengan jenis makanan hewani? Ternyata daging kambing termasuk ke dalam daftar makanan yang dilarang dikonsumsi sangat hamil, Mam! Perlu Mamy ketahui, kebanyakan daging kambing mengandung bakteri toksoplasma. Bakteri tersebut dapat menembus plasenta dan menimbulkan gangguan kesehatan pada janin. Olahan daging kambing juga dapat memicu jantung berdebar lebih cepat dan hipertensi.

Siapa yang bisa menolak segarnya minuman dingin bersoda saat cuaca panas? Hmmm tetapi Mamy harus menahan hasrat menikmati minuman bersoda dulu, karena dapat membahayakan janin. Minuman bersoda dapat menghambat penyerapan kalsium, sehingga jika Mamy mengonsumsi minuman jenis ini saat hamil, janin dapat dipastikan memiliki tulang yang mudah mengapur.

Jenis makanan selanjutnya yang harus dihindari saat hamil adalah olahan daging ayam, ikan, dan telur yang masih setengah matang. Bagi Mamy yang hobi makan sushi, harus rela puasa dulu nih. Karena makanan yang diolah setengah matang mengandung bakteri salmonela. Bakteri tersebut dapat membuat Mamy sakit diare dalam jangka panjang. Penyakit diare sangat berbahaya untuk Mamy yang sedang mengandung karena dapat menyebabkan kontraksi di dalam perut.

Dengan membaca artikel ini, diharapkan Mamy bisa lebih hati-hati dalam memilih asupan makanan yang masuk ke dalam perut ya. Karena salah memilih makanan bisa menyebabkan bahaya bagi perkembangan janin dan kesehatan Mamy sendiri. Semoga si Kecil dalam kandungan Mamy selalu sehat ya :)

Share This Article:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!