NUTRISI

10 Makanan Terbaik dan Buah untuk Ibu Hamil

10 Makanan Terbaik dan Buah untuk Ibu Hamil
10 Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil


Kehamilan adalah salah satu momen dimana Mamy memerlukan asupan gizi terbesar. Kehamilan adalah waktu yang sangat singkat untuk Mamy membantu si Kecil lewat makanan agar dapat tumbuh maksimal. Agar Mamy tak repot mencari tahu mana makanan yang harus dipilih, inilah sepuluh jenis makanan yang menurut para ahli gizi adalah makanan terbaik untuk ibu hamil.

  1. Telur
Telur mengandung 12 vitamin  dan mineral serta protein yang penting bagji kehamilan Mamy. Telur juga kaya kandungan choline yang membantu pertumbuhan dan kesehatan otak bayi, serta mencegah kerusakan selubung syaraf. Selain relatif murah, telur juga cepat dan mudah dimasak hingga Mamy bisa menyantapnya dengan cepat. Untuk mendapat manfaat telur tanpa khawatir pastikan memasaknya sampai matang ya J
  1. Salmon
Selain kaya kandungan protein, salmon juga mengandung asam omega-3 yang penting untuk pertumbuhan bayi dan membantu memperbaiki mood Mamy. Jika memungkinkan, pilih salmon liar dibanding hasil budidaya. Tapi Mamy ingat ya, konsumsi salmon maksimum 250 - 340 gram atau sekitar dua porsi per minggu untuk  mengurangi risiko cemaran merkuri yang terlalu besar.
  1. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan memiliki  kandungan protein dan serat tertinggi dibanding jenis sayuran lain. Saat hamil, saluran pencernaan Mamy melambat, hingga berisiko mengalami konstipasi (susah buang air besar). Di sinilah serat berperan besar untuk menghindarinya. Selain itu kacang-kacangan juga kaya kandungan zat besi, asam folat, kalsium dan zinc. Nilai plus lainnya, berbagai jenis kacang-kacangan mudah diolah jadi berbagai jenis masakan, misalnya kacang merah dan kacang polong untuk sup, atau tumis buncis dan kacang panjang. Untuk camilan pun tak kalah lezat, misalnya edamame.
  1. Yoghurt
Tak hanya memiliki kandungan kalsium sebanyak susu, yoghurt juga kaya kandungan protein dan asam folat. Bayi memerlukan kalsium untuk pertumbuhan tulang, dan Mamy juga memerlukannya untuk menjaga kekuatan tulang dan membantu fungsi syaraf dan otot. Bakteri baik yang dikandung yoghurt juga membantu mengurangi masalah perut dan infeksi jamur yang kerap dialami ibu hamil. Akan lebih baik lagi kalau Mamy memilih jenis greek yoghurt karena memiliki kandungan protein dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan yoghurt biasa. Greek yoghurt bisa Mamy dapatkan di supermarket besar yang menjual bahan makanan impor.
  1. Daging Tanpa Lemak
Daging sapi adalah sumber protein berkualitas tinggi, juga kaya kandungan choline dan zat besi yang dibutuhkan bayi untuk memproduksi sel darah merah dan memperkuat koneksi syaraf pada otak. Sebaiknya Mamy pilih daging sapi tanpa lemak. Atau buang lemak yang menempel sebelum dimasak. Jangan lupa kombinasikan dengan makanan kaya vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan zat besi.
  1. Alpukat
Selain enak rasanya, buah untuk ibu hamil seperti buah alpukat kaya kandungan asam folat, potasium, vitamin, dan vitamin B6 yang membantu pertumbuhan jaringan dan otak bayi serta mengurangi gejala morning sickness yang Mamy alami. Mamy bisa menyantap alpukat sebagai jus, atau untuk dihaluskan dan dijadikan alternatif pengganti mayones. Tapi ingat ya Mamy, karena kandungan kalori dan  lemak alpukat cukup tinggi, hati-hati jangan sampai berlebihan menyantapnya, kecuali kalau Mamy sulit meningkatkan berat badan saat hamil.
  1. Gandum Utuh
Gandum utuh sangat penting untuk kehamilan karena tinggi kandungan serat, vitamin E, selenium, dan phytonutrient alias senyawa tumbuhan yang membanu melindungti sel tubuh. Banyak sumber gandum utuh yang mudah  Mamy dapatkan, misalnya oatmeal, roti dan pasta whole wheat, bahkan popcorn juga!
  1. Mangga
Mungkin Mamy tak tahu, tapi buah buahan yang baik untuk ibu hamil muda lainnya misalnya mangga tinggi kandungan vitamin A dan vitamin C. Selain itu, mangga juga kaya magnesium yang membantu Mamy mengurangi rasa sakit akibat kram pada kaki. Dimakan mentah atau dijadikan jus, sama enaknya!
  1. Sayuran Berdaun Hijau
Sayur-sayuran berdaun hijau adalah sumber banyak zat gizi yang baik bagi ibu hamil, mulai dari vitamin A,C, K, antioksidan, zat besi, hingga  asam folat. Jadi mulai sekarang, Mamy sebaiknya rajin menyantap bayam, sawi, selada, kangkung, bokchoy, hingga kale. Yum!
  1. Wortel
Umbi berwarna oranye ini kaya kandungan beta karoten yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A, vitamin penting untuk pertumbuhan mata, kulit, tulang, dan organ tubuh bayi. Juga sumber vitamin B6, Vitamin C dan serat yang baik untuk pencernaan Mamy. Mengolahnya pun sangat mudah, bisa dimakan mentah, diparut untuk salad, dijus, bahkan dibuat cake.

 
 
Sources:
www.babyc enter
http://www.whattoe xpect.com
www.lives cience.com
 

Share This Article:

Follow Us On:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!