KESEHATAN IBU HAMIL

Mengatasi Kram dan Spider Vein

Mengatasi Kram dan Spider Vein

Kaki saya sering tiba-tiba terasa sakit dan kaku, kenapa?

Kemungkinan besar Mamy mengalami kram, yaitu rasa nyeri mendadak di bagian betis atau kaki. Penyebabnya memang belum diketahui secara pasti, tapi ada beberapa faktor yang diperkirakan menyebabkan kram terjadi saat kehamilan, diantaranya
aktivitas syaraf yang tidak normal saat tidur dan beban yang ditumpukan pada kaki akibat pertambahan berat badan Mamy.

Bagaimana menghindari kram?

Olahraga ringan secara teratur selama kehamilan dan peregangan, terutama pada bagian kaki dan pergelangan, akan memperlancar sirkulasi darah dan membantu mengurangi terjadinya kram. Mamy bisa coba latihan ringan ini:

  • Tekuk dan luruskan kaki sebanyak 30 kali.• Tekuk dan luruskan kaki sebanyak 30 kali.
  • Putar pergelangan kaki ke kanan dan ke kiri masing-masing delapan kali. 

Kalau terlanjur kram, bagaimana mengatasinya?

Menekuk jari kaki ke arah atas dan memijat lembut otot yang kaku biasanya membantu meredakan kram. 

Sejak hamil, banyak garis-garis halus berwarna merah dan biru muncul di kaki. Kenapa?

Mamy, kondisi ini disebut sebagai spider vein. Yaitu sejenis varises, hanya ukurannya lebih halus. Penyebabnya adalah bertambahnya volume darah saat kehamilan dan melambatnya aliran darah kembali dari kaki ke panggul, sehingga tekanan pada pembuluh darah meningkat. Juga bertambahnya hormon progestin yang menyebabkan pembuluh darah membesar. 

Spider vein terjadi dekat dengan permukaan kulit, berwarna kemerahan atau biru dengan bentuk garis-garis pendek seperti cabang pohon atau sarang laba-laba. Spider vein tak cuma terjadi di paha atau kaki Mamy, tapi juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya seperti wajah, vagina, atau bokong. 

Berbahayakah kondisi ini?

Bisa dibilang spider vein bukan gangguan kesehatan yang berbahaya, tapi Mamy mungkin merasakan sedikit rasa gatal atau panas. Kalau Mamy merasa tidak nyaman berlebihan, tak ada salahnya konsultasi dengan dokter.

Apakah semua ibu hamil pasti mengalaminya?

Beberapa faktor bisa mempengaruhi kemungkinan Mamy memiliki spider vein saat hamil, yaitu: 

  • Semakin bertambah usia Mamy, kekuatan pembuluh darah berkurang hingga lebih mudah membesar. 
  • Faktor genetik dan kondisi kesehatan
  • Kelebihan berat badan akan membebani pembuluh darah.
  • Duduk atau berdiri terlalu lama membuat pembuluh darah harus bekerja ekstra memompa darah kembali ke jantung.
  • Terpaan sinar matahari berlebihan bisa menyebabkan munculnya spider vein, di bagian pipi atau hidung, terutama bagi Mamy yang memiliki kulit putih.

Apa yang bisa saya lakukan untuk menghindarinya?

  • Konsumsi serat yang merupakan makanan sehat untuk ibu hamil untuk menghindari konstipasi (susah buang air besar) yang juga bisa berkontribusi pada munculnya spider vein.
  • Konsumsi cukup vitamin C yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan kolagen dan elastin, yaitu jaringan ikat yang membantu memperbaiki dan menjaga kesehatan pembuluh darah. Banyak jenis buah-buahan yang baik untuk ibu hamil yang mengandung vitamin C, misalnya mangga, jeruk, dan jambu. 
  • Olahraga teratur meningkatkan sirkulasi, kekuatan kaki, dan kestabilan pembuluh darah. Olahraga yang paling efektif adalah yang melatih otot kaki seperti berjalan kaki.
  • Jaga berat badan untuk menghindari beban berlebih pada kaki.
  • Jaga aliran darah tetap lancar dengan menghindari duduk dengan kaki terlipat, dan mengangkat kaki lebih tinggi saat berbaring.
  • Jangan duduk dan berdiri terlalu lama.
  • Memakai support stocking bisa membantu menghindari spider vein, tapi jangan pakai pakaian yang ketat di bagian pinggang dan kaki.

Apakah spider vein akan menghilang?

Jangan khawatir, Mamy! Spider vein hanya efek sementara kehamilan. Biasanya akan menghilang beberapa bulan setelah melahirkan, seiring dengan normalnya hormon dan pembuluh darah. Tak ada salahnya rutin memakai stoking, melakukan olahraga ringan, dan menghindari duduk atau berdiri terlalu lama hingga spider vein menghilang.

Source

http://www.nhs.uk
http://www.mayoclinic.org
http://www.whattoexpect.com
www.womenshealth.go

Share This Article:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!