KEHAMILAN

Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda

Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda
Apakah semua ibu hamil mengalami mual ?
Tidak semua, ibu hamil yang mengalami mual di pagi hari. Hanya sekitar 75% yang mengalaminya. Frekuensi dan kondisi mual juga tidak selalu sama. Beberapa Mamy hanya sesekali merasa mual, namun ada juga yang meski tidak mengalami muntah tetapi merasa mual sepanjang waktu.  Kondisi ini biasanya berlangsung pada usia kehamilan minggu ke-4 sampai minggu ke-9. Namun ada juga yang mengalaminya sejak awal kehamilan.
 
Sekitar separuh dari ibu hamil yang mengalami mual muntah akan terbebas dari gangguan itu setelah melewati minggu ke 12-14 kehamilan. Bagi sebagian lainnya gangguan mual ini baru berakhir sebulan setelah itu dan  ada juga yang mengalaminya lagi di bulan bulan berikutnya. Mamy tak usah risau, meskipun mengganggu, namun hal ini tidak berbahaya bagi si Kecil. 
 
Apa 
p
enyebab 
m
ual 
s
aat 
h
amil?
Belum ditemukan penyebab pasti munculnya mual dan muntah pada ibu hamil,  namun kemungkinan kombinasi dari beberapa perubahan fisikbiologis yang terjadi dalam kehamilan. Di antaranya:
 
  • Kehamilan Pertama.  Pada beberapa Mamy, secara fisik belum siap untuk menerima perubahan hormon dan perubahan lainnya. Secara emosional kadang Mamy mengalami perasaan yang campur aduk antara senang dan cemas, sehingga menimbulkan reaksi pada perut.
  
   • Hormon human chorionic gonadotropin (hCG).  Hormon ini meningkat secara cepat selama kehamilan muda. Belum diketahui bagaimana hCG menyebabkan mual, namun faktanya  meningkatnya produksi hormon ini sama masanya dengan meningkatnya gangguan mual dan muntah, yaitu pada trimester pertama kehamilan. Selain itu penelitian juga menemukan bahwa ibu yang mengandung janin kembar mengalami mual dan muntah lebih parah serta  mengalami peningkatan produksi hCG lebih banyak.

  • Estrogen. Hormon estrogen juga meningkat secara cepat di awal kehamilan dan ditengarai sebagai penyebab munculnya gejala mual dan muntah saat hamil. 

  • Indra penciuman menjadi semakin peka. Mamy  yang  hamil muda seringkali merasa terganggu oleh aroma-aroma tertentu seperti aroma parfum, pembersih lantai atau aroma masakan dari dapur, bahkan dari jarak jauh sekalipun. Peneliti berasumsi hal ini disebabkan oleh meningkatnya hormon estrogen pada trimester pertama. 

   • Sensasi rasa logam pada mulut akibat perubahan dan peningkatan hormon kehamilan.

  • Lambung semakin sensitif. Sejumlah wanita  mengalami peka lambung di awal kehamilan karena  perubahan-perubahan hormonal. 

  • Stres. Sejumlah peneliti juga menemukan bahwa wanita yang memiliki kecenderungan stres psikologis cenderung  mengalami mual dan muntah saat hamil. 

   • Genetika. Sebagian Mamy mengalami mual di pagi hari dikarenakan faktor keturunan, artinya wanita yang ibunya dulu mengalami mual saat hamil besar kemungkinannya akan mengalami hal serupa. 

Bagaimana cara mengatasi  mual?
   • Hindari  kondisi perut kosong, karena akan membuat asam lambung meningkat sehingga menimbulkan rasa mual, terutama di pagi hari. Jadi upayakan agar perut tetap terisi. Nikmatilah makanan kecil sebelum tidur atau saat Mamy terbangun di malam hari. Di siang hari siapkan camilan sehat di antara waktu makan. 

  • Konsumsi jahe. Jahe dalam bentuk apapun seperti minuman, permen, kue, sup dan lain sebagainya. Sekedar menghirup aroma jahe juga dapat membantu meredakan mual. 

   • Lemon pengusir mual.  Beberapa Mamy akan sangat terbantu dengan aroma atau rasa asam pada lemon. Mamy juga bisa mencoba buah-buahan asam lainnya seperti strawberry, kiwi dan lainnya.

  • Minum yang cukup, sesuai anjuran yaitu 8 gelas sehari. Bila bosan dengan air putih Mamy bisa mengkonsumsi sup, juice dingin (tanpa gula), atau teh. Tapi jangan lupa batasi konsumsi gula ya. 

    • Hindari bau tajam yang memicu mual, seperti bawang putih, ikan atau bau-bauan lainnya.
Adakah obat untuk mengatasi gangguan mual dan muntah?
Akan lebih baik untuk mencoba mengatasinya tanpa obat-obatan. Sedapat mungkin hindarkan janin dari paparan obat-obatan. Namun jika cara alami tidak efektif, konsultasikan pada dokter atau bidan, obat anti mual apa yang aman digunakan. 

Sumber:
www.whattoexpect.com
www.babycenter.com
Share This Article:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!