ALL

Tes Kehamilan di Rumah

Tes Kehamilan di Rumah

Bagi Mamy yang belum pernah hamil tentunya tidak terbiasa pergi ke dokter kandungan, apalagi Mamy belum yakin apakah Mamy sudah hamil atau belum. Sebelum pergi ke dokter kandungan Mamy sendiri bisa loh melakukan deteksi dini secara cepat dan mudah dokter di rumah. Yuk pelajari lebih lanjut

Mekanisme Alat Tes Kehamilan

Ketika Mamy hamil, Sekitar 8-10 hari setelah konsepsi, sel telur yang sudah dibuahi masuk ke dalam dinding uterus, setelah pelekatan tubuh melepaskan hCG (human chorionic gonadotropin dalam jumlah banyak ke urine dari vilus plasenta yang merupakan cikal bakal plasenta . Kadar hormon ini akan terus bertambah selama beberapa bulan ke depan.

Alat tes kehamilan dirancang dengan memanfaatkan mekanisme tersebut. Alat tes kehamilan ada bermacam-macam merek dan kualitas, Alat yang lebih sensitif bisa mendeteksi hCG dengan ukuran minimal 15 mIU, sedangkan alat tes yang biasa hanya akan mengeluarkan hasil positif jika kadar hCG mencapai 50 mIU atau lebih. Namun pada dasarnya secara medis, kadar hCG di bawah 5 mIU/ml akan dideteksi sebagai negative atau tidak hamil dan kadar di atas 25 mIU/ml dideteksi sebagai hasil positif atau hamil.

Jenis Alat Tes Kehamilan

Alat tes kehamilan dapat diperoleh di apotek dan toko obat, maupun di supermarket atau mini market terdekat.
Semua alat tes kehamilan mengandung reagen atau zat yang bisa bereaksi bila bertemu tertentu zat lainnya. Ada yang berbentuk STIK , STRIP atau COMPACT. Ada yang menentukan kehamilan dengan cara menuangkan urine di atasnya atau mencelupkannya ke wadah yang menampung urine. Ada alat tes kehamilan yang menunjukkan hasil positif atau negative dari perubahan warna, ada pula yang memampangkan tulisan elektronik positif dan negatif dengan jelas.

Beberapa jenis alat tes kehamilan yang bisa digunakan untuk mengetes kehamilan seminggu setelah hari perkiraan menstruasi, ada pula yang bisa dipakai sejak hari perkiraan menstruasi.

APA YANG HARUS DILAKUKAN SELANJUTNYA BILA:

HASILNYA POSITIF

Alat tes kehamilan terkini canggih dan hampir semuanya bisa mengetes secara akurat. Bila diketahui positif, kemungkinan hamil amat tinggi sehingga sebaiknya Mamy segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dapat pengarahan lebih lanjut.

*) Alat tes kehamilan juga bereaksi terhadap kehamilan di luar kandungan. Dengan pemeriksaan sejak dini Mamy dapat segera memastikan apakah kehamilan Mamy bermasalah atau tidak. 

HASILNYA NEGATIF

Ada kemungkinan Mamy belum hamil atau tidak menggunakan alat tes kehamilan dengan benar atau bahkan terlalu cepat melakukan tes kehamilan. Bila indikasi kehamilan terus berlanjut, Mamy bisa mencobanya pada hari lain atau memeriksakan diri ke dokter kandungan.

*) Bacalah petunjuk penggunaan alat tes kehamilan dengan baik sebelum menggunakan ya.

Demikian penjelasannya ya Mamy, selamat mencoba tes kehamilan di rumah dan semoga Mamy mendapat hasil terbaik ya.

Share This Article:

Follow Us On:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!