ALL

Perkembangan Yang Dialami Saat Janin Berusia 3 Bulan

Perkembangan Yang Dialami Saat Janin Berusia 3 Bulan

Mamy sudah mencapai usia kehamilan 3 bulan? Selamat! Saat janin di dalam perut berusia 3 bulan, embrio sudah berkembang menjadi janin, sehingga sudah menyerupai manusia. Saat usia janin sudah mencapai 3 bulan, Mamy harus semakin menjaga kesehatan tubuh dan peka terhadap perkembangan si janin di dalam perut. Setelah usia kehamilan mencapai 3 bulan, Mamy pun akan mengalami beberapa perubahan yang signifikan, seperti peningkatan berat badan, meningkatnya hormon, dan keadaan mood yang sering berubah-ubah. Namun di usia kehamilan janin 3 bulan, tingkat kelelahan Mamy sudah berkurang dan Mamy sudah bisa melakukan aktivitas ringan seperti melipat pakaian.

Perkembangan janin pun sudah mulai terlihat jelas. Di usia janin 3 bulan, wajah sudah dilengkapi dengan mata, hidung, dan mulut. Tulang dan otot juga sudah terbentuk. Kuku-kuku pada jari pun sudah mulai tumbuh. Alat kelamin sudah mulai terbentuk saat usia janin mencapai 3 bulan, namun belum berkembang secara sempurna, sehingga belum terlihat jelas jenis kelaminnya.

Masih ada lagi perkembangan menarik saat janin berusia 3 bulan loh Mamy. Janin sudah bisa menggeliat bahkan menguap. Ia bahkan mulai belajar menghisap, menelan, dan buang air kecil. Perkembangan janin pun sudah mencapai 3.5 inci.

Jangan lupa untuk terus mengkonsumsi makan-makanan yang bergizi dan hindarilah makanan mentah atau caffein. Mamy juga disarankan melakukan olah raga selama kehamilan. Cukupi juga tubuh Mamy dengan vitamin-vitamin yang berguna pada masa kehamilan.

Tidak perlu khawatir jika perut Mamy masih terlihat kecil. Karena hal ini tergantung pada ukuran janin di dalam perut pun masih belum sempurna. Hanya beberapa bagian saja yang telah terbentuk. Atau ada faktor lain seperti bentuk ukuran perut Mamy terbilang kecil, jadi walaupun usia kehamilan sudah melewati usia 3 bulan, bisa saja perut Mamy terlihat masih kecil. Yang terpenting, jangan lupa untuk menjaga kesehatan Mamy dan si kecil ya, karena walaupun sudah melewati masa trimester pertama, ini adalah gerbang Mamy dalam menghadapi masa-masa selanjutnya.

Share This Article:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!