ALL

Manfaat USG 4 Dimensi Bagi Calon Mamy

Manfaat USG 4 Dimensi Bagi Calon Mamy

Ultrasonografi atau yang lebih dikenal dengan USG, merupakan teknologi canggih di dunia kedokteran yang dapat memungkinkan orang tua melihat calon janinnya lebih jelas. Awalnya hanya ada dua jenis USG, yaitu USG 2 dimensi dan USG 3 dimensi. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kini sudah ada inovasi terbaru yang bernama USG 4 dimensi.

Mamy mungkin bertanya-tanya dalam hati, seberapa pentingnya kah USG 4 dimensi? USG 4 dimensi memiliki banyak kelebihan bila dibandingkan dengan 2 jenis USG sebelumnya, karena dapat menunjukkan objek yang bergerak. USG 4 dimensi atau USG real time bisa membuat Mamy melihat bentuk janin yang lebih jelas, bukan sekedar gambar, namun seperti video yang bergerak.

Selain menampilkan gambar yang lebih jelas, USG 4 dimensi juga berfungsi untuk memantau perkembangan organ janin. Karena Mamy bisa melihat organ internal janin seperti ginjal, hati, dan jantung secara jelas. Hal ini juga bisa memudahkan dokter untuk memprediksi apakah ada kelainan atau tidak di organ dalam janin.

Walaupun memakan biaya yang cukup besar, tetapi informasi yang Mamy terima seputar janin juga sangat lengkap. Mamy dapat mengetahui aktivitas jantung bayi. Bahkan sampai ke bagian yang lebih detail seperti kondisi pembuluh darah, fungsi katup jantung, atau ruang pembuluh darah. USG 4 dimensi sangat penting agar dokter dan Mamy antisipasi terhadap kesehatan janin sejak dini.

Mamy tidak perlu khawatir jika ingin melakukan proses USG 4 dimensi. Karena USG 4 dimensi tidak menggunakan sistem radiasi atau sinar X, melainkan melalui teknik gelombang ultra suara. Tapi Mamy jangan lupa, agar menghasilkan gambar USG yang baik dan jelas, diperlukan jumlah air ketuban yang cukup. Usia kehamilan pun menjadi salah satu faktor penting, sebaiknya Mamy mulai melakukan USG 4 dimensi saat usia janin berada di usia 24 sampai 30 minggu. Tentu saja semakin besar usia janin, maka semakin jelas pula bentuk janin yang terlihat.

USG 4 dimensi dapat dijadikan bahan pertimbangan Mamy jika ingin melihat kondisi janin lebih jelas. Jangan lupa untuk selalu meminta arahan dari dokter ya, Mamy!

Share This Article:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!