ALL

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan USG Kehamilan?

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan USG Kehamilan?

USG merupakan cara untuk mengetahui apakah kandungan Mamy sehat atau tidak. Di trimester pertama, USG dapat digunakan untuk memeriksa perkembangan embrio dan mengetahui perkiraan tanggal kelahiran. Manfaat USG kehamilan juga berguna untuk memeriksa letak plasenta dan mengetahui kondisi sang buah hati dalam kandungan.

Ketika memasuki trimester kedua, ukuran tubuh dan berat badan bayi juga dapat diketahui. USG juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah ada kelainan pada janin, memonitor kadar cairan ketuban, sampai mengetahui jenis kelamin. Namun apakah Mamy tahu, kapan waktu yang tepat untuk melakukan USG kehamilan?

Usia Kehamilan 6-8 Minggu

Di usia ini, sangat penting melakukan USG untuk pertama kalinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya kehamilan di luar kandungan. Pada usia kehamilan 6-8 minggu, kehamilan dapat dibilang normal apabila detak jantung terlihat dengan frekuensi yang normal.

Usia Kehamilan 11-13 Minggu

Waktu kedua yang tepat untuk melakukan USG kehamilan adalah saat memasuki 11-13 minggu. Mamy dapat melihat ketebalan leher dan tulang hidung janin di usia ini. USG pada usia 11-13 minggu juga merupakan saat yang paling tepat untuk melihat jumlah janin di dalam kandungan. Wah bisa saja Mamy punya anak kembar nih ☺

Usia Kehamilan 18-22 Minggu

Organ tubuh bagian dalam pun dapat terdeteksi. Mamy bisa mengetahui apakah janin memiliki kelainan pada otak, jantung, hati, ginjal, kantung kemih, dan usus. Jumlah jari tangan dan kaki sudah dapat dihitung. Tingkat akurasi jenis kelamin pun sudah cukup tinggi kebenarannya.

Usia Kehamilan 26-30 Minggu

Bentuk muka janin sudah terbentuk sempurna. Sebaiknya dilakukan USG 4 dimensi di usia kehamilan ini, karena kelainan tubuh seperti bibir sumbing sudah bisa terdeteksi dengan jelas.

Usia Kehamilan 36-37 Minggu

Selamat datang di proses USG terakhir ya Mamy! Ukuran janin sudah bertumbuh cukup besar. Tangan dan kaki sudah terbentuk sempurna. Bahkan Mamy bisa melihat bentuk muka janin yang sudah menyerupai muka bayi yang sudah lahir.

Jika di usia kehamilan 40 minggu bayi belum juga lahir, sebaiknya Mamy melakukan pemeriksaan kondisi janin. Karena perlu ditindak lanjuti apakah harus dilahirkan secara induksi atau Caesar.

Share This Article:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!