ALL

Bisa Langsung Hamil Nggak Ya Setelah Lepas Suntik KB?

Bisa Langsung Hamil Nggak Ya Setelah Lepas Suntik KB?

Memiliki anak tentunya harapan dari kebanyakan pasangan ya Mamy, namun setiap pasangan tentunya punya rencana kapankah saat yang tepat untuk memiliki anak. Beberapa pasangan muda ingin menunda memiliki momongan pertama atau mungkin hanya ingin memastikan jarak usia yang cukup setelah kelahiran anak pertama dengan anak kedua.

Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang biasa digunakan untuk menunda kehamilan.

Suntik KB adalah kontrasepsi hormonal yang disuntikkan pada bagian tertentu tubuh seperti lengan atas, paha, atau bokong. Kontrasepsi ini bekerja dengan mencegah pengeluaran sel telur sehingga tidak akan terjadi pembuahan sel telur oleh sperma.

Di Indonesia, berdasarkan jangka waktu, terdapat dua jenis suntik KB yang paling umum digunakan, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Suntikan KB 3 bulan mengandung hormon progestin,

sementara suntikan KB 1 bulan mengandung kombinasi hormon progestin dan hormon estrogen, dengan kadar progestin yang lebih rendah. Metode suntikan tersebut cukup efektif apabila rutin diberikan secara tepat waktu.

Pada dasaranya bila Mamy ingin segera hamil setelah menghentikan suntik KB, maka ada hal yang sebaiknya Mamy pahami. Fungsi dari kontrasepsi atau KB adalah untuk menjarangkan kehamilan, bukan untuk menurunkan kesuburan. Anggapan bahwa setelah lepas kontrasepsi menjadi sulit hamil, hal tersebut terjadi karena tubuh perlu waktu untuk mengembalikan kesuburan.

Kesuburan alami Mamy akan kembali setelah Mamy berhenti menggunakan suntikan, namun memang tidak akan langsung. Waktu rata-rata yang diperlukan adalah sekitar 8 sampai 12 minggu untuk progestogen meninggalkan tubuh, tapi pada beberapa Mamy mungkin harus menunggu lebih lama sampai siklus menstruasi kembali normal dan Mamy siap untuk hamil.

Kembalinya kesuburan akan ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan.

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Maka, yang saat ini dapat Mamy lakukan adalah menunggu serta mempersiapkan diri untuk kehamilan. 

Yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga. Perlu juga diperhatikan:

  • Mamy dan termasuk Papy sebaiknya menghindari merokok atau asap rokok, obat-obatan terlarang, dan alcohol.
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Nantikanlah kehamilan dengan penuh kebahagian, banyak usaha dan tentunya selalu berdoa karena anugrah akan dating pada saat yang terbaik

Share This Article:

Follow Us On:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!