4 - 6 BULAN

Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu secara Online

Cara Menghitung Usia Kehamilan dalam Minggu secara Online

Bulan ke – 4 (minggu ke 15-18)

Apa saja yang Mamy alami di bulan ke-4?

Selamat, Mamy sudah memasuki masa hamil trimester ke-2! Di bulan ke-4 ini Mamy sudah dapat merasakan gerakan janin yang lebih jelas. Rahim terus mengembang membuat organ tubuh seperti usus bergeser posisi dan tubuh menyesuaikan postur. Kulit perut akan mengalam ipigmentasi yang muncul berupa alur-alur hitam pada bagian bawah perut Mamy.

Pada dasarnya, cara menghitung usia kehamilan dalam minggu sekarang ini bisa Mamy ketahui secara online. Pada usia kehamilan 4 bulan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan USG dan Mamy bisa mengetahui jenis kelamin si Kecil. Menyenangkan ,ya..? Tes AFP juga biasa dilakukan untuk mengukur kadar alpha-fetoprotein dalam darah, sebagai indicator gangguan perkembangan Down’s Syndrome yaitu kelainan mutasi sel atau kelainan tulang belakang yang disebut Spina Bifida.

Bagaimana perkembangan si Kecil?

Sungguh menarik mengikuti perkembangan janin dari minggu ke minggu. Di awal usia hamil 4 bulan, ukuran janin kurang lebih 13 cm, beratnya sekitar 140 gram. Tempurung kepalanya yang terbentuk dari tulang rawan mulai mengeras. Saraf tulang belakangnya mulai terselubungi lapisan pelindung bernama mielin. Kelenjar keringat juga mulai berkembang di seluruh tubuhnya. Tali pusatnya yang menjadi saluran sumber makanannya juga akan kian menguat dan membesar.

  • Minggu ke-15

Awal bulan ke 4 bulu-bulu halus berfungsi untuk mempertahankan suhutubuh janin mulaitumbuh. Bulu-bulu ini akan rontok menjelang bayi dilahirkan. Selain bulu tubuh, alis dan bulu mata juga mulai tumbuh. Si Kecil sudah bisa menggerakkan otot-otot wajah seperti meringis dan mengerutkan wajah, meski itu baru gerakan otot saja, bukan ekspresi. Di bulan keempat ini, janin mulai menunjukkan berbagai refleks dan kemampuan lain. Ia bias tidur, meregangkan tubuh, menendang, menelan, buang air kecil, bahkan bias menghisap jari! Di akhir bulan keempat, berat badan janin berkisar 150 gram dan tingginya mencapai 15 cm

  • Minggu ke-16

Pengerasan tulang janin dimulai di mingguke 16 ini. Tulang-tulang akan lebih keras namun tetap lentur. Kelenturan ini memudahkan posisinya dalam rahim dan diperlukan dalam proses kelahirannya kelak. Tali pusat sebagai saluran masuknya nutrisi juga sudah kuat sehingga janin dalam rahim Mamy akan lebih nyaman bergerak.

Ajaibnya, bagi janin perempuan, saat ini sudah disiapkan sistim reproduksinya. Ratusan ribu sel telur mulai dibentuk yang di kemudian hari bisa menjadi anak-anaknya saat ia dewasa.

  • Minggu ke-17

Bayi Mamy sudah mulai memproduksi jaringan lemak untuk menjaga suhu tubuhnya. Tali pusar masih terus berkembang menjadi lebih tebal dan kuat. Kaki dan lengan sudah mulai memanjang, lengannya sudah bisa meraih kepalanya dan bisa melakukan gerakan menepuk-nepuk. Telinga si Kecil juga sudah mulai sempurna dan bersiap untuk bisa mendengar suara.

  • Minggu ke-18

Mamy tentu akan takjub mengikuti perkembangan janin tiap minggunya. Saat ini bayi Mamy sudah mulai bisa mendengar suara-suara, baik dari dalam seperti aliran darah, detak jantung Mamy dan lain-lain. Juga suara-suara dari luar seperti musik, jeritan dan suara-suara di luar yang dekat dengannya. Pada minggu inilah Mamy mulai bisa memperdengarkan musik pada si Kecil. Meski pun tidak mengerti maksudnya, bayi sudah bisa merasakan dan mengenali suara-suara Mamy atau ayahnya. Alangkah menakjubkan!

Gangguan apa yang bisa muncul?

  • Di usia kehamilan ini Mamy mungkin mengalami susah tidur. Posisi terbaik adalah tidur menyamping agar pembuluh darah tidak tertekan oleh berat rahim. Gunakan bantal tambahan di sisi tubuh untuk menopang perut. Berbaring telentang dapat membuat Mamy pusing karena terhambatnya aliran darah ke jantung.
  • Kram atau nyeri saraf skiatik pada kaki mulai mengganggu pada kehamilan 4 bulan. Tetaplahlakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil
  • Rahim yang makin membesar kemungkinan akan mengganggu keseimbangan tubuh Mamy. Jika sebelumnya Mamy terbiasa mengenakan sepatu berhak tinggi, kini saatnya untuk lebih memilih mengenakan sepatu datar.
  • Pastikan Mamy mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang mencukupi kebutuhan zat besi tubuh agar bayi dapat membentuk sel darah merah. Zat besi umumnya terdapat pada daging unggas, ikan, daging merah tanpa lemak, dan bayam.

Segera ke dokter bila Mamy mengalami:

  • Nyeri di bagian bawah perut, dan merasakan kontraksi
  • Mengeluarkan darah atau cairan dari vagina
  • Sakit kepala yang parah / tak tertahankan
  • Nyeri saat berkemih
  • Merasa mual dan muntah berlebihan
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Gatal-gatal di seluruh badan, urin berwarna gelap.


Sumber:

http://www.wh attoex pect.com

Your Pregnancy Week by Week, Professor Lesley Regan, DK Books, UK, 2013

Share This Article:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!