1 - 3 BULAN

Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu dalam Rahim Mamy

Perkembangan Janin dari Minggu ke Minggu dalam Rahim Mamy

Bulan ke – 1 (minggu ke 1-5)

Tanda apa saja yang muncul di awal kehamilan?

Tanda pertama: Terlambat haid! Menentukan kapan dimulai kehamilan biasanya dengan cara mengetahui tanggal hari pertama haid terakhir. Jadi saat tak datang bulan pada jadwal yang seharusnya, diperkirakan Mamy sudah hamil 4 minggu. Payudara biasanya menjadi lebih besar dan lembut, mengalami kenaikan berat badan sekitar 1-2 kg, merasa letih, pusing ringan sampai pusing berat, mual atau muntah, sering ingin ngemil.

Benarkah suasana hati akan terpengaruh?

Begitu dinyatakan positf hamil, adalah wajar jika Mamy diliputi berbagai macam perasaan. Bahagia, cemas dan penuh pertanyaan. Misalnya, bagaimana menjalani peran ibu, haruskah berhenti bekerja (jika Mamy bekerja), bagaimana hubungan dengan suami jika bayi telah lahir dan lain sebagainya.

Bagaimana perkembangan janin dalam rahim di bulan pertama?

Pada minggu ke-4, si Kecil dalam rahim Mamy telah berproses dari sekumpulan sel yang disebut blastocystmenjadi embryo yang besarnya kira-kira seujung pensil. Tabung saraf (dari mana otak, sumsum tulang belakang, sistim saraf dan tulang belakang berkembang), jantung serta organ-organ lain mulai terbentuk. Ini adalah fase terpenting dalam perkembangan janin dari minggu ke minggu dan Mamy perlu ekstra hati-hati dalam mengkonsumsi makanan.

Bagaimana perkembangan janin tiap minggu di bulan pertama?

Minggu ke-1

Di minggu pertama sel telur sedang terbentuk dan belum terjadi pembuahan. Jika di-tes, belum tampak hasil apapun.

Minggu ke-2

Setelah sel telur terbentuk pada minggu pertama, maka pada minggu ke-2 sel telur telah matang dan mulai dilepaskan dari ovarium bergerak menuju tuba falopii. Si sini sel telur akan menunggu sperma yang akan membuahinya. Dari jutaan sperma yang berjalan dalam serviks (leher rahim), akan ada sekitar 1000 sperma yang berhasil melewatinya dan hanya satu yang berhasil menemui sel telur. Saat inilah pembuahan terjadi dan kehamilan dimulai.

Minggu ke-3

Setelah terjadi pembuahan, pada minggu ke-3 akan terjadi proses pebentukan genetika. Janin Mamy akan berkembang menjadi zygot atau bakal janin yang mempunyai 46 kromosom, 23 berasal dari Mamy dan 23 dari pasangan Mamy. Dalam proses inilah akan terbentuk ciri-ciri calon bayi Mamy, misalnya kulit sawo matang, rambut lurus hidung mancung dan lain-lain. Zygot mulai menempel pada dinding rahim (impalntasi) untuk berkembang yang kadang menyebabkan perdarahan. Pada masa ini tanda-tanda kehamilan mulai terlihat atau dirasakan.

Minggu ke-4

Perkembangan janin dalam rahim di akhir bulan pertama atau minggu ke-4 ini mulai terlihat adanya janin berukuran sangat kecil, hanya sebesar sebutir beras, yaitu sekitar 6-7 milimeter dan bisa terlihat jika di USG (ultra sonografi). Di minggu ke-4 ini tabung saraf yaitu bakal otak, tulang belakang mulai terbentuk. Pada tahap ini jiika Mamy melakukan tes kehamilan, akan terlihat 2 garis yang artinya hormon kehamilan (HCG) sudah diproduksi dan sudah muncul ciri-ciri kehamilan.

Minggu ke-5

Minggu ke-5 bisa merupakan akhir dari bulan pertama, bisa pula merupakan awal dari bulan ke 2. Saat ini terjadi hal yang menakjubkan pada perkembangan janin tiap minggunya yaitu jantungnya mulai berdetak. Bakal tangan dan kaki sudah terlihat, demikian pula usus, ginjal dan hati mulai terbentuk. Jika dilihat dengan USG bentuknya mirip kecebong.

Apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang perlu dikonsumsi saat hamil muda?

  • Asam folat

Umumnya kehamilan baru disadari setelah minggu 2-3 di bukan pertama. Inilah saat yang penting untuk Mamy mengatur makanan sehat untuk ibu hamil. Asam folat memiliki peran penting di awal kehamilan, yaitu untuk mencegah cacat tabung saraf, mengurangi risiko bayi lahir cacat otak dan cacat sumsum tulang belakang. Asam folat banyak terdapat pada kacang merah, sayuran hijau, kuning telur, susu dan sereal.

  • Zat besi

Zat besi juga sangat penting untuk dikonsumsi di awal kehamilan. Zat besi bermanfaat untuk membentuk sel darah merah bagi Mamy dan janin, demi mencegah letih lesu lemah karena anemia yang sering terjadi pada ibu hamil.

  • Kalsium

Memasuki minggu ke-4, janin memerlukan banyak kalsium untuk pembentukan tulang. Janin yang kekurangan kalsium akan mengambil cadangan kalsium dari sang Mamy yang bisa mengakibatkan osteoporosis di kemudian hari.


Sumber:

http://www.what toexpect.com

Your Pregnancy Week by Week, Professor Lesley Regan, DK Books, UK, 2013

Share This Article:

ARTIKEL BERDASARKAN USIA KEHAMILAN

Mamy, ingin tahu berbagai informasi sesuai usia kehamilan Mamy? Klik penanda usia di bawah ini ya!